Home / Bahtsul Masail / Mubahalah dan Hukum-Hukum di Seputarnya

Mubahalah dan Hukum-Hukum di Seputarnya

HASIL KEPUTUSAN BMK PP.MIS KE 9

Negeri kita tercinta ini tak henti-hentinya diributkan oleh berita-berita yang disiarkan televisi. Mulai dari kasus penistaan Al-Qur’an yang dilakukan oleh salah satu anggota pemerintah yang berbuntut aksi bela Islam sampai berjilid-jilid hingga kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan. Baru-baru ini, ada kabar berita yang sangat mengagetkan umat islam terutama anggota FPI (Front Pembela Islam). Yaitu kasus yang menjerat imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab terkait dugaan chat mesum dengan Firza Husain. Polisi sudah menetapkan Habib Rizieq Syihab sebagai tersangka kasus dugaan chat mesum. Hal ini membuat Habib Rizieq Syihab marah. Karena keputusan polisi tersebut menurut beliau tidak sesuai dengan prosedur penetapan tersangka. Akhirnya beliau mengumumkan mubahalah kepada siapa saja yang menyebarkan dan mempercayai terhadap tuduhan tersebut. Di antara isi dari Mubahalah beliau adalah “jika tuduhan itu benar maka saya dan keluarga saya tertimpa adzab dari Allah. Jika tuduhan itu salah maka orang yang menuduh akan tertimpa adzab Allah”.

Kasus itu pun menjadi viral baik di media elektronik atau cetak. Hal itu membuat banyak orang-orang terpengaruh dengan tuduhan kasus tersebut. Tak jarang kita temukan di medsos (terutama Facebook & Instagram) status-status yang menghina Habib Rizieq Syihab hanya gara-gara tuduhan kasus tersebut. Bukan hanya sampai di situ, banyak diantara mereka yang terang terangan menerima tantangan mubahalah Habib Rizieq, hingga banyak kita tau dari kabar yang beredar di medsos sebagian dari orang yang menerima tantangan mubahalah tersebut satu persatu tumbang akibat mubahalah tersebut. Namun, hal itu tidak membuat para pembenci Habib Rizieq jera akan celaannya terhadap beliau.

 

Pertanyaan :

  1. Sebenarnya bagaimana konsep mubahalah itu sendiri?, dan Apakah sumpah yang dikatakan seorang tokoh diatas itu termasuk mubahalah?

Jawab:

  • Konsep MUBAHALAH adalah saling melaknat antara kedua belah pihak atau lebih, dan Perkara yang di perselisihkan adalah isu agama, serta setelah adanya hujjah
  • Dan sumpah yang dikatakan seorang tokoh diatas tidak termasuk karena tidak memenuhi syarat-syarat di atas

 

2. Bagaimana hukum menghina ulama’/habaib yang terkena kasus seperti di atas ?

Jawab : HARAM

 

3. Bagaimana hukum melaksanakan ABU (Aksi Bela Ulama’) yang dilakukan para pendukung habib Rizieq untuk menghentikan kriminalisasi ulama’ ?

Jawab : DIPERBOLEHKAN, apabilan yang dilakukan memenuhi syari’at.

 

Referensi atau maraji’ bisa dilihat di https://drive.google.com

(Visited 27 times, 1 visits today)

About admin yk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *