Home / Bahtsul Masail / Membantu Menjaga Gereja

Membantu Menjaga Gereja

Deskripsi Masalah

Sedikitnya 200 personel keamanan ormas Islam dilibatkan oleh Polresta Depok dalam membantu keamanan seluruh gereja di Depok saat perayaan hari natal dan tahun baru di Depok. Hal itu dikatakan oleh Wakapolresta Depok di mapolresta Depok. Menurutnya, pelibatan personel keamanan itu atas kesediaan mereka sendiri dengan koordinasi bersama Polresta Depok.

Sebelumnya, Kapolresta Depok menginstruksikan untuk memasang spanduk ucapan selamat memperingati natal dan tahun baru bagi umat Nasrani. Hal itu katanya merupakan bentuk toleransi antar umat beragama yang akan diaplikasikan secara langsung oleh jajaran kepolisian.

 

Pertanyaan : ( Sail dari AT TASYWIQ PP SARANG REMBANG )

 

a. Bagaimana hukum keikutsertaan personel keamanan ormas Islam menjaga keamanan di gereja dalam memperingati natal dan tahun baru?

Jawaban:

Hukum keikutsertaan personel keamanan ormas Islam menjaga keamanan di gereja dalam memperingati natal dan tahun baru adalah haram karena mengandung unsur membantu kemaksiatan

 

b. Bagaimana hukum mengucapkan selamat memperingati natal dan tahun baru bagi umat nasrani sebagaimana spanduk yang telah menyebar di berbagai tempat?

Jawaban:

Hukum mengucapkan selamat memperingati natal adalah haram dan sekedar mengucapkan selamat memperingati tahun baru hukumnya boleh

Hasil Keputusan Bahtsul Masa’il Halaqoh Kubro IKSAB 1438 H

 

Referensi atau maraji’ bisa dilihat di https://drive.google.com

(Visited 10 times, 1 visits today)

About admin yk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *