Home / Berita / Santri Kwanaran Sambut Tahun Baru Hijriyyah Dengan Ragam Kegiatan

Santri Kwanaran Sambut Tahun Baru Hijriyyah Dengan Ragam Kegiatan

Tahlil bersama Santri PP MUS-YQ Kwanaran di Makam Sunan Kudus

ISMUQ.COM, Kajeksan – Rabu (20/09/17) bertepatan dengan akhir tahun 1438 Hijriyyah dan awal tahun 1439 Hijriyyah dimanfaatkan dengan baik oleh Santri Kwanaran. “Kwanaran” sebutan yang lebih dikenal masyarakat dari pada nama pondoknya. Santri Kwanaran adalah santri usia remaja tingkat pendidikan menengah pertama dan menengah atas yang berdomisili di pondok pesantren MUS-YQ Dukuh Kwanaran Kelurahan Kajeksan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Santri Kwanaran juga sebutan untuk santri lanjut usia pengikut Thariqah Naqsyabandiyah Khalidiyah yang dikembangkan oleh Almarhum KH M Arwani Amin di zawiyah Kwanaran.

Ratusan santri laki-laki dan perempuan yang sudah berusia uzur datang dari berbagai daerah, seperti Pati, Demak, Jepara, Rembang, Jakarta, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Grobogan, Kendal, Semarang, dan Kudus sendiri untuk mengikuti sulukan atau khalwatan bulan Muharram dari tanggal 1 sampai 10 Muharram.

Mereka ditampung secara terpisah di bangunan masjid Kwanaran yang telah berdiri sejak tahun 1930 dan gedung thariqah sebelah timurnya. Mereka beristirahat hanya beralaskan tikar dan karpet. Kebanyakan mereka memasak sendiri, biasanya berkelompok sekitar 10 orang untuk sahur dan berbuka puasa sunah. Namun, ada juga yang berlangganan di warung dekat masjid, tentu seizin panitia penyelenggara.

Sementara di pondok pesantren MUS-YQ, santri remaja Kwanaran memperingati pergantian tahun hijriyyah dengan istighatsah atau doa bersama. Selepas jamaah shalat ashar dan wiridan di akhir tahun 1438 H, para santri mengikuti doa akhir tahun yang dibimbing oleh Ustadz Abdurrahman. Usai jamaah maghrib para santri dengan penuh khidmat mengikuti istighatsah awal tahun yang dipimpin oleh Ustadz Zainal Arifin sampai adzan Isya berkumandang dari masjid Kwanaran.

Kegiatan menyambut tahun baru tidak hanya itu saja. Usai jamaah Isya dan makan malam bersama, seluruh santri remaja Kwanaran dengan seragam warna cream sarung hijau berjalan rapi menuju makam Sunan Kudus untuk ziarah. Tahlil bersama di makam Sunan Kudus dipimpin oleh Agus Muhammad Nawal Kamali putra KH Muhammad Arifin Fanani pengasuh pondok pesantren MUS-YQ Kwanaran Kajeksan Kudus.

“Rangkaian kegiatan ini dimaksud agar tahun baru yang penuh dengan harap dan doa bisa memberi manfaat yang lebih bagi para santri utamanya menjelang ujian tengah semester di Madrasah TBS yang akan dilaksanakan sabtu depan.” kata Afifurrahman Pengurus PP MUS-YQ. (Santri_Abadan)

(Visited 183 times, 1 visits today)

About Irham SingoCandi

Check Also

Peluncuran Situs Web Ismuq.com

Assalamu’alaikum warahmatullah.   Pergantian tahun hijriah senantiasa dibarengi dengan sejuta doa dan harapan, semoga tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *